https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
NILAI PENDIDIKAN NOVEL BUTIRAN DEBU KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA | Hanik | SURYA BAHTERA

NILAI PENDIDIKAN NOVEL BUTIRAN DEBU KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Umi Hanik, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik novelButiran Debu meliputi; tema, tokoh, alur, latar, sudut pandang, dan amanat, mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan novelButiran Debu meliputi; nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan skenario Pembelajaran di kelas XI SMA. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif pada novelButiran Debukarya Taufiqurrahman Al-Azizy. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, yang dibantu oleh kertas pencatat data dan alat tulis. Dari analisis unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan dan skenario pembelajaran di SMA diperoleh unsur intrinsik yang meliputi tema yang terdiri dari beberapa masalah,yaitu masalah impian, masalah ekonomi, dan  masalah cinta, tokoh yang terdiri dari tokoh utama yaitu Iwan, dan tokoh tambahan yaitu  Siti, Rohana, Rustam, Pemilik ladang, Bu Haji, Lelaki muda, Gadis berjilbab, H. Tatang, Hj. Juju, Mas Boy, Rohman, Bu Nining, Ratih, Pak Karnaen Kurniawan (lurah Tajur), alurnya campuran, latar yang terdiri dari latar tempat terjadi di Kali Cihideung (Jembatan Cidua), Bogor Trade Mall (BTM), Dalam Bis, Rumah Bu Nining, dan Jakarta, latar waktu yang terjadi pagi hari, siang hari, senja, malam hari, waktu ashar, dan waktu maghrib, sudut pandang menggunakan orang ketiga serba tahu, dan amanat seperti jangan mudah putus asa dan jadilah orang yang jujur, dannilai pendididkan meliputi (a) nilai pendidikan agama terdiri atas: beribadah, berdoa, bersyukur, dan sabar, (b) nilai pendidikan moral terdiri atas: pantang menyerah, sungguh-sungguh, kerja keras, mampu mengendalikan diri, rajin belajar, dan rasa ingin tahu, (c) nilai pendidikan sosial terdiri atas tolong menolong, berbakti kepada orang tua, kasih sayang, memberi semangat, dermawan, rela berkorban, solidaritas, dan memberi nasihat.NovelButiran Debu dapat diterapkan dalam pembelajaran di SMA karena dalam novel tersebut banyak nilai pendidikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

 

Kata kunci:Nilai Pendidikan, novelButiran Debudan Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.